Macam-Macam Tipe Transmisi

Transmisi ada 3 tipe yaitu:

  1. Slidingmesh Tipe
  2. Constantmesh Tipe
  3. Syncromesh Tipe

Langsung saja ke penjelasan yang lebih lanjut, ada d bawah ini.

  • Slidingmesh Tipe

Keterangan :

  1. Output shaft
  2. Low & reverse sliding gear
  3. Second sliding gear
  4. Clutch
  5. Input shaft
  6. Clutch gear
  7. Counter shaft drive gear
  8. Counter shaft
  9. Low speed gear
  10. Second gear
  11. Reverse gear
  12. Reverse idle gear
  13. Shift arm

Pada tipe ini shift arm menggerakkan gigi-gigi percepatan yang terpasang pada spline main shaft untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan antara gigi percepatan dengan counter gear. Sekarang tipe ini digunakan untuk gigi mundur.

  • Constantmesh Tipe

Pada tipe ini gigi pada main shaft selalu berhubungan dengan gigi pada counter shaft, gigi ini di-lengkapi dog gear yang akan di-hubungkan dengan sleeve yang terpasang pada mainshaft. Shift arm mengerakkan sleeve agar terjadi perpindahan putaran dari gigi percepatan ke main shaft. Tipe ini digunakan pada gigi mundur.

  • Syncromesh Tipe

Tipe ini mempunyai keuntungan yaitu perpindahan gigi lebih halus dan cepat. Synchromesh berfungsi sebagai alat sinkronisasi yang menyama-kan putaran gigi yang akan dihu-bungkan dengan cara penge-reman. Sekarang tipe ini yang banyak digunakan, nah karena itu mungkin saya akan lebih dalam membahas “si Syncromesh Tipe” ini lebih mendalam, lebih tajam setajam silet haha jadi ke infotaiment ini mah atuh.😀

Langsung saja ke yang pertama yaitu:

  • Konstruksi Synchromech

Synchromesh terdiri dari :

  1. Blocker ring/synchronizer ring
  2. Insert/shifting key
  3. Insert spring/s.key spring
  4. Clutch hub
  5. Hub sleeve

–    Clutch hub terpasang pada spline main shaft dan terdapat 3 buah alur untuk penempatan insert.

–    Sleeve dipasang pada spline clutch hub, dan alur pada sleeve dihubungkan dengan shift arm

–    Insert terpasang pada clutch hub dan dipegang oleh insert spring dan kedua ujung insert masuk ke dalam celah pada blocker ring.

–    Blocker ring terletak di antara clutch hub dan dog gear yang berbentuk kerucut, dan blocker ring mempunyai tiga alur untuk penempatan insert.

  • Cara Kerja Synchromech

1.Posisi Netral.

Saat mesin berputar posisi netral, gigi percepatan juga berputar tetapi mainshaft tidak berputar karena terdapat celah antara blocker ring dengan dog gear.

2.Tahap Pertama.

Hub sleeve mendorong bagian atas dari insert dan insert mendorong blocker ring sehingga blocker ring berhubungan dengan dog gear yang menyebabkan blocker ring ikut berputar.

3.Tahap Kedua.

Hub sleeve mendorong dengan kuat chamfer dari blocker ring dan blocker ring menekan dog gear menyebabkan kecepatan putar dari gigi percepatan sama dengan kecepatan putar hub sleeve.

4.Tahap Ketiga

Hub sleeve terus bergerak ke kanan dan alur-alur pada hub sleeve berkaitan / berhubungan dengan dog gear pada gigi percepatan.

Iya mungkin hanya segitu saja dari saya, jika ada kesalahan penulisan atau kesalahan-kesalahan lainnya mohon di maafkan. Semoga dapat membantu dan bermanfaat,😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s