System Kemudi

Sistem kemudi adalah suatu sistem pada kendaraan yang berfungsi untuk mengatur arah kendaraan sesuai dengan keinginan pengemudi. Tipe sistem kemudi pada tiap kendaraan tidak selalu sama. Pemilihan tipe sistem kemudi tergantung dari model kendaraan, sistem suspensi, sistem pemindah tenaga, berat kendaraan dan masih banyak faktor lainnya.

Mobil Toyota Hiace menggunakan sistem kemudi dengan steering geartipe recirculating ball. Steering gear adalah salah satu komponen utama dalam sistem kemudi, masih terdapat beberapa komponen utama lainnya. Komponen utama tersebut adalah:

1. Roda Kemudi


Tenaga putar dari tangan pengemudi akan disalurkan pertama kali ke roda kemudi. Roda kemudi harus dapat dijangkau dan dipegang dengan mudah oleh pengemudi. Diameter roda kemudi mempengaruhi tenaga yang akan dikeluarkan oleh pengemudi. Jika semakin besar diameter roda kemudi maka momennya akan semakin besar, tenaga yang dikeluarkan pengemudi pun akan semakin kecil begitu juga sebaliknya.

2. Steering Column


Steering column terdiri dari main shaft yang meneruskan putaran roda kemudi ke steering gear, dan column tube yang mengikat main shaftke bodi. Bagian bawah main shaft dihubungkan pada steering gear melalui
flexible joint atau universal joint yang berfungsi untuk memperkecil pengiriman kejutan yang diakibatkan oleh keadaan jalan dari steering gearke roda kemudi.

3. Steering Gear


Selain berfungsi untuk mengarahkan roda depan steering gear juga berfungsi sebagai gigi reduksi untuk meningkatkan momen agar kemudi menjadi ringan. Biasanya perbandingan steering gear antara 18 sampai 20 :
1. Semakin besar perbandingan akan menyebabkan kemudi menjadi semakin ringan akan tetapi jumlah putaran akan semakin banyak untuk sudut belok yang sama.

Mobil Toyota Hiace menggunakan steering gear tipe recirculating ball. Komponen-komponen yang terdapat di dalam steering gear ini ditunjukkan oleh gambar 3. Cara kerja steering gear recirculating ball ini yaitu ketika roda kemudi diputar maka worm shaft akan berputar. Hal ini menyebabkan sector bergerak bergeser pada worm shaft. Bergesernya sector membuat sector gear berputar menggerakkan pitman arm.

4. Steering Linkage


Fungsi utama dari steering linkage adalah meneruskan gerakan dari steering gear ke roda depan dengan akurat setiap saat walaupun mobil sedang bergerak.

Steering linkage untuk suspensi independen seperti Toyota Hiace ini terdiri dari pitman arm, drag link, bell crank, idle arm, relay rod, sepasang tie rod dan knuckle arm. Pada tiap tie rod terdapat sebuah pipa untuk menyetel panjang rod. Antara satu komponen steering linkage dengan komponen lainnya dihubungkan melalui ball joint.

One response to “System Kemudi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s